Pages

Jumat, 16 November 2012

BENTUK-BENTUK PASAR, IPS , KLS X, SMT 2, BAB 7



      B. PENGERTIAN PASAR
Permintaan dan Penawaran merupakan dua hal yang membentuk suatu pasar.
Menurut ilmu ekonomi , pasar adalah bertemunya permintaan dan penawaran untuk suatu barang dan jasa yang diperjual belikan.
Pasara dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:
1.      Pasar nyata atau konkret.
Pasara dalam kehidupan sehari-hari
2.      Pasar abstrak
Tempat pertemuan antara penjual dengan pembeli .

a)      Syarat-syarat terjadinya pasar

·         Terdapat penjual dan pembeli
·         Tersedia barang dan jasa yang akan diperjual-belikan
·         Terjadinya transaksi antara penbeli dan penjual melalui proses tawar-menawar
·         Tersedia media pasar yang berinteraksi antara pembeli dan penjual.

b)  Dalam kegiatan pasar mempunyai 3 fungsi utama , sebagai berikut:
·         Fungsi distribusi
·         Fungsi pembentukan harga
·         Fungsi promosi

c)      Bentuk –bentuk pasar
·         Pasar persaingan sempurna
Memiliki cirri-ciri, sebagai berikut:
1.      Terdapat banyak penjual dan pembeli
2.      Terdapat pasar persaingan sempurna
3.      Barang dan jasa terdapat di pasar persaingan sempurnatidak dibedakan
4.      Pembeli dan penjual bebas keluar atau masuk pasar
5.      Pengetahuan pembeli dan penjual sempurna
6.      Tidaka ada campur tangan pemerintah

Kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna
a)      Kebaikan
·         Kepuasan konsumen maksimum karena bebas menentukan pilihan
·         Keuntungan produsen juga maksimum karena ia bisa menjual barang sebanyak-banyaknya
·         Produksi barang-barang yang diperlukan  konsumen biayanya minimum

b)     Keburukan
·         Perusahaann tidak mempunyai anggaran untuk melakukan penelitian karena dalam jangka panjang hanya memperoleh keuntungan normal
·         Tidak ada pilihan bagi konsumen untuk memilih barang Karen semua barang sama dan sejenis

·         Pasar bukan persaingan sempurna
a)      Pasar monopoli
Ciri-ciri pasar monopoli: Hanya ada satu penjual , Tidak ada barang pengganti yang dekat , Penjual bebas menentukan harag barang , Kurang memerlukan promosi atau iklan.

Kebaikan dan keburukan pasar monopoli:
1.      Kebaikan
·   Karena menerima keuntungan diatas normal , maka monopoli dapat memerlukan penelitian dengan pengembangan produknya.
·   Monopoli biasanya bekerja pada skala produksi yang besar , karena unit yang diproduksi besar.
2.      keburukan
·      pasar monopoli menciptakan ketidak adilan dalam distribusi pendapatan masyarakat
·      Terdapat unsure eksploitasi
·      Dalam pasar monopoli ada kecenderungan terjadi pemborosan penggunaan factor produksi.

b)     Pasar oligopoli
Ciri- cirri pasar oligopoly:
1.      Ada beberapa penjual di pasar
2.      Barang yang dijual berbeda orak
3.      Promosi iklan secara terus-menerus
4.      Kekuasaan menentukan harga tidak stabil
5.      Adanya peluang bagi perusahaan baru yang memasuki pasar

Kebaikan dan keburukan pasaar oligopoli:
a)      Kebaikan
Dasar pasar oligopoli  biasanya sering terjadi penemuan-penemuan / inovasi dan penerapan teknologi baru yang pesat. Hal ini disebabkan oleh perusahaan – perusahaan oligopoli biasanya berskala besar dan mampu menyediakan dana untuk pengembangan dan penelitian.

b)     Keburukan
·      Oligopoli sangat mungkin memperoleh keuntungan berlebih.
·      Kemungkinan terjadinya ketidakefsien produksi .
·      Kemungkinan juga ekspoitasi terhadap konsumen dan buruh

c)      Pasar monopolistic
Ciri-ciri pasar monopolistic:
1.   Terdapat banyak penjual
2.   Banyaknya barang yang bersifat berbeda corak
3.   Mempunyai kekuasaanmempengaruhi harga
4.   Mudah keluar masuk pasar
5.   Promosi iklan sangat aktif

Kebaikan dan keburukan pasar monopolostik:
1.   kebaikan
·      Konsumen dapat menikmati berbagai mutu, desain model, dan corak dari berbagai barang yang dihasilkan produsen
·      Konsumen dapay menikmati banyak pilihan sesuai daya beli yang dimiliki
·      Kreasi dan inovasi yang terus dikembangkan

2.   Keburukan
·      Bagi perusahaan yang kecil, tingkat efesiensinya relatif rendah
·      Kurang efesiensinya perusahaan kecil menyebabkan harga barang yang dibayar konsumen masih tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar