Pages

Kamis, 15 November 2012

ELASTISITAS PERMINTAAN,IPS X, KLS X, SMT 2, KB 2, BAB 6



A.      ELASTISITAS PERMINTAAN
Elastisitas permintaan merupakan ukuran sejauh mana kepekaan atau tanggapan terhadap barang yang diminta, jika terjadi perubahan harga, baik harga barang tersebut maupun harga barang lain  dan perubahan pendapatan konsumen.

Elastisitas permintaan dalam Elastisistas harga

Elastisitas harga atau price elasticity merupakan proses perubahan jumlah barang yang diminta yang disebabkan oleh perubahan harga barang tersebut sebanyak 1%.
1.      Elastis (ED>1)
Kurva berikut menggambarkan permintaan terhadap barang yang bersifat elastic. Artinya perubahan harga akan menyebabkan prubahan jumlah barang yang diminta dengan persentase yang relatif lebih besar. Kurva permintaanya cendrung mendatar.

2.      Inelastis (eD < 1)
Kurva ini menggambarkan permintaan barang yang bersifat inelastic. Artinya setiap perubahan harga akan menyebabkan perubahan jumlah barang yang diminta dengan persentase yang lebih kecil, kurva permintaan ini cenderung curam

3.      Elastisitas Tunggal (eD = 1)
Kurva ini menggambarkan permintaan terhadap barang yang bersifat elastisitas tunggal (eD = 1). Artinya setiap perubahan barang yang diminta sama dengan perubahan harga. Kurva permintaan adalah cenderung terhadap titik nol.
4.      Elastisitas tak terhingga (eD = -1)
Kurva ini menggambarkan keadaan yang ekstrim sehingga koefesian harga tidak terhingga (eD =  ~ ). Artinya pada harga tertentu dimungkinkan perubahan jumlah barang yang diminta tidak terhingga. Bentuk kurva permintaan ini adalah garis lurus horizontal.
5.      Inelastic sempurna (eD = 0)
Keadaan ekstrim bentuk lain adalah kurva perminaan inelastic sempurna (eD = 0). Artinya setiap terjadi perubahan harga mempengaruhi jumlah barang yang diminta . adapun bentuk kurva permintaannya ternbentuk garis lurus vertical.

ELASTISITAS PENAWARAN
Elastisitas penawaran adalah berbanding terbalik antara seberapa besar perubahan jumlah barang yang ditawarkan sebagai akibat dari peruahan harga .
Elastisitas penawaran berfungsi untuk mengukur derajat kepekaan terhadap jumlah barang yang ditawarkan  jika harganya berubah.
Macam-macam elastisitas penawaran:
a)      Elastic (es > 1)
Kurva ini menggambarkan penawaran barang yang mempunyai sifat elastic. Artinya setiap perubahan harga akan menyebabkan jumlah barang yang ditambahkan dengan persentase yang relative lebih besar. Semakin mendatar kurva [enawaran barang , semakin elastic permintaan barang tsb. Jadi jumlah barang yang ditawarkan semakin besar.

b)      Inelastic (es  < 1)
Kurva ini menggambarka keadaan penawaran yang bersifat inelastic, artinya setiap perubahan harga akan menyebabkan perubahan jumlah barangyang diminta dengan persentase yang lebih kecil.

c)      Elastic tunggal (es = 1)
Kurva berikut menggambarkan keadaan penawaran barang yang bersifat tunggal . artinya setiap perubahan harga akan diikuti dengan perubahan jumlah barang yang ditawarkan dengan persentase sama. Bentuk kurva penawarannya membentuk sudut 45 derajat pada kedua sumbunya.

d)      Elastic tak terhingga (es = ~ )
Kurva ini meggambarkan keadaan penawaran yang bersifat elasis tak terhingga , artinya pada saat harga terentu jumlah barang yang diminta tidak terbatas. Bentuk kurva penawarannya bergaris lurus horizontal.

e)      Inelastic sempurna (es = 0)
Kurva ini menggambarkan penawaran yang bersifat inelastic sempurna, artinya setiap terjasi perubahan harga akan berpengaruh terhadap jumlah barang yang ditawarkan. Bentuk kurva penawarannya bergaris lurus vertical

0 komentar:

Posting Komentar