Pages

Senin, 05 November 2012

SUMBER EKONOMI YANG LANGKA DAN KEBUTUHAN MANUSIA YANG TERBATAS ,IPS,KLS X,SMT 1,BAB 3




Alat  pemuas  kebutuhan  adalah  segala sesuatu  yang  dapat  memuaskan kebutuhan  manusia  baik  berupa  barang maupun jasa.

JENIS  -  JENIS  ALAT  PEMUAS  KEBUTUHAN:
   1. ALAT  PEMUAS  KEBUTUHAN  MENURUT  CARA MENDAPATKANNYA
a.    Benda Ekonomi
karena  sifatnya  terbatas  maka  untuk  mendapatkan benda  ekonomi  harus melalui  pengorbanan  tertentu. Misalnya jika  ingin memiliki sebuah tas kita  harus membaar  dengan  uang. Kesediaan  mengeluarkan sejumlah  uang  merupakan  pengorbanan.
b. Benda Bebas
Benda  yang  banyak  tersedia di alam, sehingga kita dapat dengan bebas memanfaatkannya. Misalnya udara yang  kita  hirup, air  yang  dimanfaatkan  untuk minum, cahaya matahari.
2.  ALAT  PEMUAS  KEBUTUHAN MENURUT  KEGUNAANNYA
a.    Benda Kosumsi
Benda  yang  dapat   langsung  digunakan/dimanfaatkan oleh konsumen. Misalnya :  tas,  buku,  pinsil, penggaris. Beli bakso untuk dimakan, baju untuk dipakai.
b.   Benda Produksi
Benda  yang  digunakan  untuk  proses  produksi, sehingga  menghasilkan  benda  lainnya  yang dapat langsung  dikosumsi.  Misalnya :  mesin jahit untuk  membuat  baju.
3.  ALAT PEMUAS KEBUTUHAN MENURUT PROSES PRODUKSINYA
  1. Barang mentah (bahan baku) merupakan barang yang belum diolah atau barang yang belum mengalami proses produksi.Contoh: Kayu, batubara, padi.
  2. Barang setengah jadi merupakan barang yang telah mengalami proses produksi, tetapi belum menjadi barang produk akhir. Contoh: kapas → benang → kain
  3. Barang jadi merupakan barang yang telah siap untuk dikosumsi. Contoh: Sepatu, tas, buku,pakaian
  4. BAHAN PENOLONG contohnya : Gula, coklat, vanili untuk menambah aroma roti.
4. ALAT  PEMUAS  KEBUTUHAN  MENURUT  HUBUNGANNYA  DENGAN  BENDA  LAIN
  1. Benda substitusi adalah benda pemuas kebutuhan yang pemakaiannya dapat menggantikan benda lain atau saling menggantikan.
Contoh: Nasi & Jagung, Bus kota & Mikrolet
b.      Benda komplementer adalah benda pemuas kebutuhan akan bermanfaat atau mempunyai daya guna yang lebih apabila dipakai bersama-sama dengan benda lain.
Contoh: Kompor dgn minyak tanah/gas elpiji

5.  ALAT PEMUAS KEBUTUHAB MENURUT KUALITASNYA
a.      Benda superior adalah  benda yang saling mempunyai kualitas tinggi sehingga memberikan prestise bagi pemakainya. Benda ini banyak dikosumsi oleh kalangan menengah ke atas.Contoh:berlian, mobil mewah.
b.      Benda  inferior  adalah benda  yang memiliki  kualitas  rendah. Contoh :  Pakaian yang  dijual  di pasar  loak, beras  murah (RASKIN), mobil  bekas.

KEGUNAAN  BENDA  PEMUAS KEBUTUHAN
Benda pemuas kebutuhan diciptakan atau diproduksi oleh manusia dengan tujuan tertentu.
Benda pemuas kebutuhan manusia dapat digolongkan menjadi empat macam:
1.   KEGUNAAN  BENTUK  ( FORM UTILITY )
Maksudnya, peningkatan kegunaan dari suatu benda yang disebabkan oleh perubahan   bentuknya. Contoh: kayu gelondongan akan lebih bermanfaat jika dibentuk menjadi kursi, lemari.
2.   KEGUNAAN  TEMPAT  ( PLACE  UTILITY )
Maksudnya, pertambahan kegunaan benda karena dipindahkan dari suatu tempat ke tempat lain. Contoh: kapal laut akan berguna di laut daripada di daratan, baju astonot akan berguna jika dipakai di bulan daripada di dunia.
3.   KEGUNAAN  WAKTU  ( TIME  UTILITY )
Mkasudnya, kegunaan suatu benda akan bertambah jika dipakai pada waktu  yang tepat dan sesuai dengan manfaat benda tersebut. Contohnya: payung akan berguna pada saat panas atau hujan, dan tidak berguna pada saat ada badai.
4.   KEGUNAAN  KEPEMILIKAN ( OWNERSHIP  UTILITY )
Maksdunya, kegunaan suatu benda baru terasa jika telah ada pemiliknya atau dimiliki oleh konsuman yang tepat.contohnya: suntikan akan lebih bermanfaat apabila dipakai oleh seorang dokter.
KELANGKAAN
      Manusia harus melakukan pilihan diantara alternatif yang paling menguntungkannya sebab jenis & jumlah benda pemuas kebutuhan yg tersedia terbatas.
        Jumlah kebutuhan manusia > jumlah barang pemuas kebutuhan → KELANGKAAN
Kelangkaan : kondisi dimana kita tidak memiliki cukup sumber daya untuk memuaskan kebutuhan kita.
Langka dan terbatasnya barang atau jasa pemuas kebutuhan manusia mengakibatkan nilai-nilai barang-barang ekonomi tersebut menjadi tinggi dan harganya menjadi mahal. Meski disisi lain, kelangkaan tersebut membuat orang-orang menjadi lebih kreatif untuk menyediakan berbagai alat pemuas kebutuhan manusia, sehingga mereka memperoleh keuntungan

Kelangkaan timbul akibat :
a.    Keterbatasan jumlah benda pemuas kebutuhan yg ada di alam.
b.   Kerusakan SDA akibat ulah manusia.
c.    Keterbatasan kemampuan manusia untuk mengolah sumber daya yg ada.
d.   Kebutuhan manusia yg tdk terbatas sedangkan alat pemuas yg tersedia terbatas.
e. Sifat serakah sebagian besar manusia yang mengakibatkan cepat berkurang dan rusaknya persediaan sumber daya alam.

0 komentar:

Posting Komentar